Thursday, June 11, 2015

Palladium Wedding Rings: Cincin Kawin Muslim

Hai, hai guys... ngomongin soal cincin nikah, siapa hayo yang paling ribet?? siapaa..?? Saya.. saya.. *angkat tangan*

Jawabannya pastinya adalah si kaum hawa seperti saya, urusan pernak-pernik perhiasan seperti ini perempuan lebih menuntut detailnya, apalagi akan digunakan seumur hidup, kalo kaum adam mah iya iya ajah sambil nyodorin kartu kredit. wkwkwk...

Sebenarnya, cincin pernikahan ini tidak wajib ada. tapi dewasa ini, pertukaran dan penyematan cincin di jari manis kedua pengantin sudah membudaya. Selain sebagai pengikat juga sebagai simbol penunjuk bahwa seseorang sudah menikah.


Dalam Islam, laki-laki diharamkan menggunakan Cincin yang terbuat dari emas, emas putih, emas rose, perak dan batuan mulia, Jadi agak susah-susah gampang gitu, untuk mencari cincin yang pas. Tapi, dewasa ini, sudah banyak jenis logam mulia yang sudah populer dijadikan bahan cincin kawin, antara lain:

1. Titanium
Cincin titanium lebih kontemporer dan bukan logam mulia. Titanium salah satu logam yang paling sulit dan dibedakan dengan warna lebih gelap dan lebih ringan.
2. Tungsten Carbide
Tungsten Carbide adalah logam berat yang paling tahan gores diantara material lainnya, oleh karena itu Anda harus hati-hati jika memilih logam ini karena logam ini tidak dapat dipotong dengan cara yang sama seperti emas atau perak, cara memotong logam ini adalah dengan menggunakan teknologi laser.
3. Zirconium Hitam
Zirkonium sangat mirip dengan titanium dalam kekuatan dan beratnya. Zirkonium hitam popular di industry perhiasan saat ini. Anda tidak perlu meragukan kekuatan zirconium hitam, ia sangat resisten terhadap korosi dan goresan.

4. Palladium
Palladium adlaah pilihan untuk kamu yang ingin cincin pengantin yang terbuat dari logam mulia dengan warna yang indah dan relatif awet, tetapi dengan budget terbatas. Ini adalah logam yang relatif langka, sekarang dihargai karena polesan yang berkilau dan berwarna putih keperakan dan memiliki sifat yang mirip dengan platinum.

5. Platinum
Cincin platina yang baik adalah 95% murni, yang berarti berat dan kuat. Kombinasi antar permintaan yang tinggi dan kelangkaan platinum membuat logam ini relative mahal dan merupakan logam yang paling mahal untuk sebuah cincin kawin. Platinum adalah favorit untuk digunakan dalam perhiasan karena tahan keausan dan korosi, sertta tidak terlalu menyebabkan alergi.

Akhirnya, saya memutuskan untuk memilih cincin Palladium, sebenarnya ingin membeli tungsten/titanium/zicronium yang berwarna hitam biar antimainstream gitu, cari di Indonesia masih susah, kebetulan waktu cari di India ada, ternyata cincinnya sangat bold, kalau mau pesan, harganya dua kali lipat. so sad.. *nangis di pojokan*

Lebih jelas tentang cincin Palladium,
Palladium adalah sejenis bahan mulia, bentuk fisik dan warnanya mirip dengan perak, tetapi lebih tahan terhadap proses oksidasi. Oksidasi membuat logam berubah warna. Misalkan perak berubah menjadi sedikit kemerahan dan pudar. Hasil jadi cincin kawin palladium mirip sekali dengan emas putih, dan harga palladium lebih murah dibandingkan dengan emas putih. Campuran palladium adalah : palladium murni 50%, dan perak + aloy 50%. Palladium lebih bagus dibandingkan perak, karena perak bisa berubah warna, sedangkan palladium tidak berubah warna. Inilah kelebihan palladium.

Pertama kali nyari, saya memutuskan untuk keliling! Berbekal dengan info yang sangat minim tentang toko palladium, saya menyusuri toko-per-toko perhiasan di sekitaran Citra Niaga Pasar, Jombang. Dan sudah bisa ditebak, hasilnya nihil. Semua jualan Gold, White Gold, Rose Gold, beberapa perak. Dengan tak menyerah saya bertolak ke Surabaya dan melanjutkan misi pencarian, saya sudah terlatih dengan misi seperti ini, tidak lebih sulit dari pencarian jodoh kok, kan ada tokonya. Wkwkwk. Mulai dari Pasar Atum, TP, GM, PGS. Mulai dari dipaksa dirayu sama penjualnya untuk beli silver aja, sampai dikatakan bodoh karena mau beli besi palladium. Akhirnya saya menemukan ada yang jual di BG Junction, dia jual pasangan palladium+emas putih. Waktu itu harga jualnya disamakan dengan harga emas putih. Pilihannya tidak terlalu banyak, tapi cukup bagus.

Sebelum memutuskan untuk beli, saya ngupi-ngupi cantik dulu disana sambil mikir-mikir, Lhadalaaah.. saya baru kepikiran untuk browsing. How stupid i am! Setelah browsing, cincin palladium, ketemulah beberapa online store yang menjual cincin palladium. Dan akhirnya saya memantapkan hati untuk beli di Spilla Jewelry karena dia punya cabang baru di Surabaya.

Pros:
(+)Trusted Store
(+)Not Pricey
(+)Bisa request-order model yang kita mau, dia juga jual berlian bersertifikat resmi.
(+)Masnya RUAMAH dan SUABAR banget ngadepin pembeli cerewet yang banyak maunya kayak saya *confes*. Bahkan setelah cincin jadi, dan tidak sesuai dengan yang saya mau, masnya pun menyanggupi repair sesuai yang saya mau. Oh God bless you, mas. *jangan ditiru, jangan ditiru*.
(+)Pesanan cepat jadi, maksimal 1 bulan. Kemarin saya, 3 minggu sudah jadi.
(+)Garansi seumur hidup kaya'nya kalau dia lecet, atau teroksidasi
(+) Garansi 6 bulan untuk resize cincin (ini menguntungkan sekali bagi yang calonnya jauh dan ngga bisa ukur jari kaya' saya).
(+)Emas putih yang dijual adalah logam emas putih asli, bukan emas kuning yang disepuh putih sehingga warna bisa pudar dan menguning.
Cons: 
Belum ada.
 

SPILLASILVER VERY RECOMENDED STORE!!


Palladium ini termasuk logam mulia, jadi ada beberapa store yang menerima penjualan kembali. Tapi aah... itu kan cincin nikah, walau nilainya ngga seberapa, tapi historisnya itu lho.. jangan dijual laah... 

Gitu aja overview dari firii tentang cincin kawin, semoga bisa jadi bahan masukan untuk ukhti-akhi diluar sana yang sedang bingung mencari cincin muslim.


x.o.x.o
FiriiJB

spillasilver.com


Jogjakarta

Spilla Jewelry Jl Ngeksigondo No 6 B Kotagede, Yogyakarta
085649023787 / 0274-4437737 / 28269C36

Surabaya:
Delta Mandala Estate I/12
Jalan Raya Juanda, Semambung
Gedangan, Sidoarjo 
085643035155 / 51C51C94 (SUTAMA WISNU)